Rabu, 22 Agustus 2012

Mata dan Fungsinya

 

                          Mata.png

Seperti yang anda ketahui, mata merupakan satu-satunya indera penglihat bagi manusia. Jadi sudah jelas bahwa mata berfungsi untuk melihat atau mendeteksi lingkungan sekitar. Tetapi akan saya rincikan lagi, mulai dari bagian-bagiannya, proses melihat, cara merawatnya, penyakit-penyakit mata, cara mengatasinya, dsb. Ok, langsung saja kita mulai.
Bagian-Bagian Mata

Organ Luar,

1.  Bulu Mata, 
Berfungsi untuk melindungi mata dari benda asing, misal debu, pasir, dll.
2.  Alis Mata,  
Berfungsi untuk  melindungi mata dari keringat dari dahi.
3.  Kelopak Mata,  
Kelopak mata terdiri atas kelopak atas dan kelopak bawah. Bagian ini untuk membuka dan menutup mata. Kelopak mata berfungsi untuk melindungi bola mata bagian depan dari benda-benda asing dari luar. Benda-benda tersebut misalnya debu, asap, dan goresan. Kelopak mata juga berfungsi untuk menyapu permukaan bola mata dengan cairan. Selain itu juga untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kemata.
4.  Kelenjar Lakrima, 
Kelenjar air mata (lakrima) berfungsi Menghasilkan air mata untuk membasahi mata yang beguna menjaga kelembapan mata, membersihakan mata dari debu dan membunuh bibit penyakit yang masuk kedalam mata.
Organ Dalam,

1.  Kornea,
Merupakan bagian terluar dari bola mata yang menerima cahaya dari sumber cahaya.
2.  Sklera,
Merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya rata- rata 1 milimeter tetapi pada irensi otot, menebal menjadi 3 milimeter.
3.  Pupil dan Iris,
Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.Iris berfungsi sebagai diafragma. Iris inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
4.  Lensa Mata,
Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal. Kemampuan menebal dan menipisnya lensa disini disebut daya akomodasi.
5.   Retina dan Selaput Jala,
Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
6.   Saraf Optik
Berfungsi untuk meneruskan bayangan yang sudah terbentuk ke otak.

Proses Melihat


Mata kita ini bisa melihat sebuah benda jika ada cahaya yang dipantulkan oleh benda itu. Pantulan cahaya dari benda itu akan diterima oleh kornea. Lalu, diteruskan ke lensa mata kita melalui pupil. Nah, pada mata yang normal, lensa mata kita akan memfokuskan bayangan benda supaya jatuh tepat pada bintik kuning. Kemudian, sel-sel reseptor akan meneruskan rangsangan cahaya tadi ke pusat syaraf penglihatan kita di otak. Begitulah, cara mata kita bekerja.

Penyakit-Penyakit Mata

  • Miopi
    Miopi yakni seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh. Biasanya terjadi pada pelajar.dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung.
  • Hipermetropi
    Hipermetropi yaitu seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung.
  • Presbiopi
    Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh.Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
  • Kerabunan dan kebutaan
    Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apapun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya "membaca" dengan jari-jarinya. Ini disebut huruf Braille.
  • Buta warna
    Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.
  • Katarak
    Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
  • Astigmatisme  

     ketidakaturan lengkung - lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik  retina (bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata silinder/Operasi refraktif.

Cara Merawat

1. Menonton TV atau Komputer dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Radiasi Komputer dan TV yang dapat merusak mata pun dapat dihindari. Istirahatlah sekitar 5-10 menit saja setiap 2 jam.
2. Membaca buku dengan jarak kurang lebih 30 cm. 
3. Konsumsi Buah dan Sayur, terutama yang mengandung vitamin A.
4. Saat mata merah, Bungkus es dalam kain katun dan kompres pada mata yang selama 10 menit. Ini akan memperketat pembuluh darah di sekitar mata dan menyebabkan mereka menyusut. Kesejukan es akan mengurangi kemerahan. Atau dengan menteskan obat tetes mata.

Sekiranya demikian artikel saya tentang mata. Semoga bermanfaat bagi kita semua !

Dikutip dati Wikipedia, id.shvoong.com, Kidnesia.


1 komentar: